☆(。◕◡◕。)☆The past is behind, learn from it. The future is ahead, prepare for it. The present is here, live it. ☆(。◕◡◕。)☆

Wednesday, November 14, 2012

Bisnis dan Lingkungannya


Hubungan Bisnis dan Lingkungannya
               Bisnis merupakan kegiatan yang berhubungan dan berkepentingan dengan lingkungan.Dengan ungkapan lain dapat dinyatakan bahwa bisnis merupakan kegiatan pengelolaan sumber-sumber ekonomi yang disediakan oleh lingkungannya. Disamping itu bisnis tidak lepas dengan adanya faktor-faktor lingkungan yang mendukung maupun yang menghambat atas tujuan yang ingin dicapai bisnis.Di lain pihak, lingkungan bisnis merupakan seluruh karakter dan faktor yang dapat mempengaruhi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap bisnis.
  
Lingkungan Eksternal
 
Lingkungan eksternal adalah semua faktor atau pihak-pihak atau variabel dinamis yang berada di luar bisnis dan perusahaan.
Faktor lingkungan eksternal memiliki 2 sifat,yaitu:
     1.Dinamis
Seperti: faktor ekonomi, politik, hukum, budaya, dan dinamika sosial.
     2. Khusus
            Seperti: Supplier, Customer, Competitor, Serikat Pekerja, Bursa Tenaga Kerja, Teknologi,dll 





Lingkungan Internal
           Lingkungan internal merupakan sejumlah faktor, variabel atau atribut-atribut yang melekat pada variabel atau faktor tersebut berada di sekitar bisnis dan cukup langsung mempengaruhi bisnis.
Yang termasuk dalam lingkungan internal antara lain: Tenaga Kerja, Modal, Alat-alat, Sistem Manajemen, sarana dan prasarana yang tersedia di dalam perusahaan.





Strenght, Weakness,Opportunity and Treatment (SWOT)

¢  Strength (Kekuatan)
            Variabel yang mencerminkan kekuatan-kekuatan internal yang dimiliki perusahaan yang sering dijadikan andalan untuk menetapkan dan menyusun strategi perusahaan.
¢  Weakness (Kelemahan)
            Variabel ini lebih bersifat internal juga. Untuk lebih menjamin keputusan manejerial lebih akurat berdasarkan fakta (terutama fakta internal) ini.
¢  Opportunity (Peluang/Kesempatan)
            Lingkungan eksternal ini sangat dinamis dan sering terjadi berbagai perubahan dimana perlu disesuaikan dengan keadaan lingkungan yang ada.
¢  Treatment (Tantangan)
            Merupakan keadaan lingkungan eksternal yang merupakan tantangan yang dihadapi perusahaan yang diprediksi akan menghambar keberhasilan pengusaha dalam mencapai tujuannya.


No comments:

Post a Comment